Jumat, 18 Desember 2009

KESEHATAN ANAK


*Kolik sikecil menangis sangat keras disertai jeritan/lengkingan, sikecil menunjukan ekpresi gelisah serta muka memerah. kemungkinan sikecil mengalami kolik .kolik bersifat spasmodik atau serangan datang dan hilang tiba-tiba.sebagian ahli kesehatan menduga kolik berasl dari rasa sakit di bagian perut akibat ganguan pencernaan. disimpulkan karena didasari bayi selalu mengangkat kakinya atau mengeluarkan gas(buang angin) saat menangis. timbulnya kolik bisa karena kejang otot di dinding usus,terdapat udara di dalam usus.

* ukuran lingkaran kepala . ukuran lingkar kepala yang normal lebih kurang 34cm pada saatlahir. selanjutnya bertambah 2cm pada bulan pertama, 1 cm pada bulan kedua, dan 0,5 cm pada bulan ketiga dan pada 6 bulan selanjutnya.kita harus selalu memantau karena bila pertumbuhan lebih dari rata-rata diduga adanya makrosefali.penyebabnya antara lain hidrosefalus(kelainan akibat peningkatan cairan otak). sebaliknya bila ukuran lingkar kepala lebih kecil disebut mikrosefali.kelainan terjadi salah satu sebabnya akibat infeksi ketika hamil atau kelainan bawaan.

*PUP sikecil
untuk bayi yang hanya minum asi frekuensi pupnya normal tapi BBnya(berat badanya )tak sesuai grafik normal
untuk bayi yang tidak asi fesesnya encer lebih dari 10kali disertai penurunan berat badan.kemungkinan tidak cocok dengan susu formulanya
*frekuensi kencing sikecil jarang


*AUTISME (KELAINAN PERILAKU )

Seseorang yang menderita autisme biasanya hanya tertarik pada aktifitas mental dirinya sendiri cotohnya (melamun, berangan-angan, fantasi ). mereka sulit untuk berkomunikasi dengan yang lain, seolah -olah mereka hidup dalam dunianya sendiri
Gejala-gejala :
* perkembangan terhambat, terutama dalam kelakuan dasar hidup bermasyarakat contohnya tersenyum, dan berbicara
* bermain sendiri atau tidak mau mengobrol dengan anggota keluarga atau orang lain .
* lesu dan tak acuh terhadap orang lain
* sedikit atau bahkan tidak ada kontak mata
* pada umumnya pertumbuhannya terganggu

Penyebabnya
belum dapat diketahui pasti tetapi dapat di hubungkan dengan :
-faktor keturunan
-kegagalan salah satu bagian dari otak yang memproses saraf

Deteksi sedini mungkin untuk mengantisipasinya ketika bayi berusia 18 bulan. Semakin awal deteksi dilakukan semakin cepat si anak terbantu.

RUAM POPOK / NAPPY RASH

biasanya terjadi pada bayi yang mengenakan popok (diapers). Bukan keadan yang serius tetapi perlu diperhatikan. Saat ini sudah jarang ada peningkatan mutu popok sekali pakai (disposable) sehingga pantat bayi selalu dalam keadaan kering.
gejalanya akan tampak pada bagian yang tertutup popok menjadi kemerahan atau merah muda (mengalami iritasi sekitar alat kelamin luar,pantat dan lipatan paha). Penyebabnya terlalu lama menggunakan popok sehingga terjadi kontak yang lama antara kulit dengan kotoran /kencing bayi.
yang dapat kita lakukan adalah bersihkan segera yang tertutup popok, oleskan krem ruam popok jangan menggunakan bedak talk selama belum sembuh. hindari menggunakan popok( diapers) sampai ruam nya menghilang.

Hernia Umbilikal

Biasanya muncul pada 3 minggu pertama usia bayi penyebabnya adalah adanya celah atau lemahnya otot dinding perut, sehingga jaringan terdorong keluar, menonjol dari permukaan kulit. di bawah benjolan ini, jaringan dapat keluar atau masuk dia antara celah otot perut, sehingga hernia bisa hilang lalu tumbuh kembali.
akan menjadi masalah bila benjolan tersebut membesar bisa membuat tidak nyaman. Benjolan dapat keluar masuk ke dalam perut, menyebabkan kolik dan mungkin mengganggu kelancaran proses pencernaan usus besar dan pembuangan
bila bayi marah hernia akan membesar karena menangis dapat meningkatkan tekanan dalam perut. pijatan lembut pada perut dapat menenangkan bayi dan membuat hernia mengecil lagi.

Depresi pada Anak
ahli kejiwaan telah membuktikan bahwa masalah depresi juga di alami oleh anak-anak

Tidak ada komentar: