Jumat, 27 November 2009

ASI


ASI( Air Susu Ibu ) adalah nutrisi yang paling baik untuk sikecil.ASI sangat di butuhkan dalam tumbuh kembang otak.

Otak merupakan pusat berfikir dan yang mengendalikan semua gerakan tubuh kita. Segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan otak harus diperhatikan .
salah satu dia antaranya adalah nutrisi.Asi kaya akan nutrisi

manfaat pemberian asi untuk si kecil :
*seperti yang sudah saya sebutkan asi adalah nutrisi terbaik ,baik kualitas maupun kuantitas
*meningkatkan daya tahan.mengapa??karena asi mengandung cairan yang bisa jadi anti body atau daya tahan tubuh yang akan melindungi bayi dari infeksi.
*terjadi suatu ikatan yang erat antara ibu dan anak mengapa??karena saat menyusui kita mendekap bayi.
*Asi dapat meningkatkan kecerdasan karena asi mengandung nutrien yang diperlukan untuk tumbuh kembang otak mengandung AA dan DHA.
*bayi yang di beri Asi jarang mengalami alergi
*Asi menjadi makanan terbaik bagi bayi

manfaat untuk ibu :
*ekonomis
*hemat waktu
*mengurangi pendarahan setelah melahirkan atau disebut post partum
*mengurangi kemungkinan terjadinya anemia
*mengembalikan berat badan dan besarnya rahim ke ukuran normal
*tidak repot seandainya minum susu formula kita harus mencuci botolnya,merebus,menyiapkan susu formulanya
*membuat kebahagian bagi seorang ibu.
*mengurangi resiko kangker payudara
*KB alami
* dapat menurunkan kemungkinan resiko kanker payudara dan resiko kengker ovarium (indung telur)berdasarkan penelitian tahun 93
*menurunkan kemungkinan resiko patah tulang panggul pada wanita.

gak bener kalo ada yang bilang menyusui bisa bikin payudara jadi mengendur karena sebenarnya yang bikin payudara mengendur itu BH ato bra tidak menyangga dengan baik payudara kita,makanya pilih bra/Bh yg nyaman dan bisa menyangga payudara kita dengan baik. ayo ibu beri yang terbaik untuk yang terbaik(sikecil maksudnya)beri sikecil Asi ekslusif.

Cara menyusui

bayi baru lahir belum pandai menyusu hal tersebut wajar loh bu.saya juga di awal-awal belom pandai menyusui untung ada ibu n mertua ku yang ngebantuin. Tiap bayi memiliki kemampuan berbeda dalam beradaptasi tidak semua ibu juga lancar langsung asinya .Saya juga dulu asinya gak lancar sedih banget rasanya dari lubuk hati yang terdalam ingin berikan yang terbaik untuk buah hati tapi saya gak putus asa kata dokter kandungan saya dulu kalo sering-sering kita menyusui asi kita akan keluar dan mencukupi. banyak-banyak makan sayuran (kacang tanah,katup,bayam,dll)

Posisi yang baik saat menyusui

1.peluk bayi dengan seluruh badan menghadap ke payudara .perut bayi menepel diperut ibu atau payudara bagian bawah,dagu bayi menempel dipayudara ibu.

2.jika menyusui pada kiri kepala bayi harus berada disiku lengan kiri ibu.kaki berada di posisi segaris

3.posisi ibu yang disarankan saat menyusui adalah duduk dan tidur
gunakan penyangga/bantal agar lebih mudah
usahakan menyusui dengan payudara berganti-ganti. saya belom tahu pasti alasannya tapi kata orang tua dahulu biar besarnya payudara sama.

Hal-hal yang harus diwaspadai bila
bayi malas menyusu sebabnya :
sakit
selain malas menyusu si kecil juga rewel hal tersebut harus di waspadai bu..segera kedokter agar sikecil tidak dehidrasi
bingung puting
biasanya di awal kelahiran sikecil diberi susu formula(anak saya juga hiks....karena asi saya belom keluar) sikecil jadi lebih dulu mengenal botol ketimbang puting susu.akibatnya teknik menyusunya tidak berkembang bayi jadi malas karena botol susu meski tidak disedot akan ada susu yang keluar.tapi itu bukan jadi soal untuk tidak menyusui bu...tetap coba dan coba sampai sikecil mahir menyusu .
setelah menyusui agar tidak gumoh sikecil segera disendawakan .

teknik-tekniknya menyendawakan si kecil yaitu :
1 posisi tegak
posisikan sikecil tegak/vertikal. dagu sikecil berada di bahu ibu tapi jangan sampai kepala sikecil tertutup badan ibu. leher sikecil disangga tangan ibu .tepuk-tepuk lembut punggung (bagian tengah di bawah iga kiri)dengan menggunakan jari ibu.
2 posisi duduk
bayi setengah duduk menghadap ibu sambil disanggga lehernya .tepuk-tepuk lembut punggung .
3 posisi telungkup
telungkupkan sikecil di pangkuan kita,perut bayi berada di antara lutut ibu. tepuk-tepuk lembut punggung .

saya lebih sering menggunakan cara yang pertama dan ketiga. Untuk cara yang kedua butuh waktu yang lama karena posisi sikecil agak membengkok. itu semua dilakukan agar udara dalam lambung sikecil keluar

Tidak ada komentar: